Kamis, 20 September 2012

Spesifikasi Surface, Tablet Microsoft


Microsoft akhirnya mengungkap perangkat tablet yang diberi nama Surface Tablet. Perangkat itu diperkenalkan dalam sebuah event di Los Angeles.

Hadir dengan ukuran layar 10.6 inci, Surface Tablet akan memiliki dua pilihan prosesor: Intel Ivy Bridge untuk sistel operasi Windows 8 dan chipset ARM  untuk Windows RT.

Beberapa fitur perangkat itu mulai dikedepankan, misalnya adanya "kickstand" alias penyangga yang tersedia langsung di tubuh gadget tersebut.

Perangkat itu akan tersedia dalam pilihan 32GB dan 64GB untuk versi Windows RT. Sedangkan untuk Windows 8, ukurannya antara 64GB atau 128GB.

Varian yang berbasis prosesor Intel akan memiliki ukuran lebih tebal namun dengan kelengkapan fitur lebih banyak, mulai dari USB 3.0 hingga pena digital ink.

Satu hal lagi yang unik adalah pilihan cover yang bernama Touch and Type. Nama itu bukan sekadar nama karena cover Surface Tablet bisa digunakan sebagai keyboard.

Penutup itu diberi nama Surface Touch Cover, yang termasuk keyboard multitouch dan touchpad. Penutup hanya menambah ketebalan 3mm untuk tablet Surface, dan unsur magnetnya dipastikan tidak akan menempel atau membuat rusak layar tablet.

"Mengetik dengan keyboard dua kali lebih efisien daripada mengetik di layar," ujar Steven Sinofsky, Presiden Divisi Windows dan Windows Live Microsoft.

Menggunakan teknologi tekanan sensitif (pressure-sensitive), penutup dapat mendeteksi gerakan saat tombol-tombol dipencet. Hal ini diklaim Microsoft akan memberi pengalaman mengetik yang lebih cepat.

Penutup akan hadir dalam 5 pilihan warna, ada pink, biru muda, merah, putih, dan hitam. Rencananya, tombol-tombol keyboard di penutup akan hadir pula dalam 2 tipe, yakni tipe tombol-tombol yang agak keras dan yang sensitif jika disentuh.

Dan berikut ini adalah spesifikasi hardware dari Surface Tablet:
  • Ketebalan : 9,3 mm (Windows 8 RT), 13,5 mm ((Windows 8 Pro)
  • Berat     : 676 gram (Windows 8 RT), 903 gram (Windows 8 Pro)
  • Layar    : 10,6 inci ClearType HD Display ("Full HD" di Pro model)
  • Port       : microSD, USB 2.0, MicroHD video, 2x2 MIMO antenna (microSDXC, USB 3.0, Mini DisplayPort video di mode Windows 8 Pro)
  • Kapasitas : 32GB dan 64GB untuk Windows RT, 64GB dan 128GB untuk Windows 8 Pro
  • Kamera : Depan dan belakang dengan kualitas "HD"
  • Baterai: 31,5 watt hour (42 watt hours on Pro model)
Simpang siur rumor mengenai harga perangkat Surface mulai ditanggapi pihak produsennya, Microsoft. CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan bahwa tablet besutannya ini akan dijual pada rentang harga US$300 (Rp2,8 juta) hingga US$800 (Rp7,6 juta), tergantung spesifikasinya.

Pernyataan Ballmer ini terkait rumor bahwa tablet Surface versi Windows RT akan dibandrol US$199, atau sama dengan harga tablet Kindle Fire besutan Amazon.
Dalam wawancara dengan The Seattle Time, akhir pekan lalu, Ballmer menanggapi kabar mengenai harga jual Surface secara terbuka, meski belum mau mengumumkan harganya secara resmi.

"Kami belum mengumumkan harga. Saya rasa kami memiliki produk yang sangat kompetitif dari perspektif fitur. Saya juga berpikir kebanyakan orang akan memberitahu Anda bahwa iPad bukan sebuah perangkat yang superexpensive. Namun, ketika orang menawarkan dengan harga yang lebih murah, mereka berpikir bahwa ini adalah perangkat murahan yang tidak bagus," ujar Ballmer.

Ketika jurnalis The Seattle Time bertanya berapa kira-kira kisaran harga Surface, secara diplomatis Ballmer menjawab, "Jika Anda melihat sebagian besar dari pasar PC, itu akan berkisar antara, katakanlah mulai dengan harga US$300 sampai sekitar US$700 atau US$800. Kisaran angka itulah yang disebut sweet spot.”

Hingga kini Microsoft juga belum mengumumkan mengenai tanggal peluncuran tablat Surface. Namun beberapa pengamat menduga, tablet besutan Microsoft ini akan rilis bersamaan dengan peluncuran sistem operasi Windows 8 pada 26 Oktober 2012.

Berikut adalah perbandingan Surface dengan produk tablet lainnya :

Klik gambar untuk memperbesar

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Habis Window update Surface ada system config file desktop hilang membuat layar hitam
http://zapplerepair.com/habis-Window-update-Surface-system-config-file-desktop-hilang-membuat-layar-hitam.html

Posting Komentar