Sabtu, 04 Desember 2010

Android akan Jadi Brand Terpopuler Smartphone


Setengah miliar orang akan menggunakan sistem operasi Android pada 2015, menurut analis Informa. Perusahaan itu juga mengatakan akan ada lebih dari satu miliar langganan ponsel pintar pada 2013.

Pertumbuhan ini didorong oleh kompetisi yang sedang berlangsung antara produsen tingkat atas dan penantang seperti Google, RIM, Apple dan Microsoft berlomba-lomba untuk menciptakan pengalaman pengguna yang terbaik pada titik-titik harga yang lebih rendah,” kata perusahaan itu.

Nokia akan kehilangan sebagian besar tren, menurut analis utama Malik Kamal-Saadi. “Informa mengharapkan bahwa pangsa pasar Symbian, dari total pengguna ponsel pintar menurun secara signifikan dari 53 persen pada 2009 menjadi 32 persen pada 2015. Dalam hal penjualan, ponsel pintar Android diharapkan dapat melampaui Symbian pada 2012,” katanya.

Kamal-Saadi menambahkan, bagaimanapun, Nokia akan mendapat tekanan besar untuk mengubah strategi mereka jika inovasi tidak terwujud pada platform Symbian.

“Jika Nokia bergabung dengan Android, dukungan dari ekosistem ini beserta semua pemain kunci dapat membantu industri ponsel pintar menjadi komoditas bisnis peranti lunak yang sama seperti apa yang Microsoft lakukan pada dunia PC,” katanya.

Jika Nokia terus dalam strategi saat ini, Nokia akan mengalami niche markets, Mr Kamal-Saadi menyimpulkan dalam laporan Telegraph.

0 komentar:

Posting Komentar